Langsung ke konten utama

Membangunkan (Akal) Orang Asia


Judul Buku: Bisakah Orang Asia Berpikir?
Penulis: Kishore Mahbubani
Penerjemah: Salahuddien GZ

Pengantar: M Dawam Rahadjo

Penerbit: Teraju, Jakarta, 2005

Tebal: xliv + 317 halaman


Membangunkan (Akal) Orang Asia

Oleh: Kholilul Rohman Ahmad


GLOBALISASI bukan masalah remeh. Sebab, kenyataan sistem dunia itu menjadi problem mendasar. Globalisasi akan sangat menentukan manusia dan kualitas kemanusiaan di masa depan. Oleh karena itu, memperbincangkan bagaimana menyikapi globalisasi mutlak diperlukan agar keberadaan kita selalu diakui oleh orang (bangsa) lain.

Seperti buku Bisakah Orang Asia Berpikir? karya Kishore Mahbubani ini, yang mengupas globalisasi dengan angle orang Asia. Mahbubani membedah struktur sosial orang Asia untuk menemukan titik-titik kekuatan dalam upaya bersaing dengan orang (bangsa) Barat. Hasil dari pembedahan itu memunculkan satu pertanyaan penting yang tidak membutuhkan jawaban segera: "Bisakah orang Asia berpikir?"
Pertanyaan itu sangat menggelitik dan merangsang otak untuk berpikir. Bila dipersempit, pertanyaan itu akan berbunyi, "Bisakah bangsa Indonesia berpikir?" kata M Dawan Rahardjo dalam kata pengantar buku setebal 317 halaman ini.

Jika bangsa Indonesia mampu menemukan pertanyaan itu, tandanya bangsa Indonesia mampu berpikir. Meskipun, bangsa-bangsa Barat mungkin tidak suka jika pertanyaan itu muncul pada suatu bangsa di dunia ketiga. Sebab bangsa-bangsa yang menyadari kelemahannya akan cepat bangkit mencapai derajat kesuksesan seperti bangsa-bangsa Barat.
Bangsa yang telah menemukan pertanyaan itu adalah China dan India.

Kata sejumlah ahli, diduga kuat tahun 2010 China akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Sebab sekarang tingkat pertumbuhan pendapatan per kapita China mencapai 5,5% per tahun, jika dibandingkan dengan pencapaian negara-negara non-Barat yang hanya pada kisaran 2,5%. Terlebih lagi China mampu mencapai tahap berkembang dalam tempo 10 tahun bila dibandingkan dengan bangsa Inggris yang 58 tahun, Amerika Serikat 47 tahun, dan 33 tahun bagi Jepang.


Fenomena China, setelah empat macan Asia, oleh ahli Barat disebut keajaiban, walaupun Indonesia di masa Orde Baru bisa disebut demikian seandainya tidak dilanda krisis 1997. Melangkah cepat seperti China bukan proses mudah dan instan. Strategi menghadapi persaingan global dibutuhkan perangkat modal organisasi yang solid, kuat, dan cerdas. China mempunyai modal itu. Antara lain kecerdasan yang ditunjukkan oleh kemampuan berorganisasi secara demokratis, terutama organisasi skala besar.

Sementara itu, menurut Fukuyama, kemampuan berorganisasi skala besar secara demokratis tersebut sangat ditentukan oleh modal sosial (social capital) yang berintikan kepercayaan (trust) yang berperan sebagai perekat organisasi atau kegotong-royongan.
Hanya saja sedikit bangsa-bangsa di dunia ini yang memiliki modal sosial tinggi (high trust society), misalnya Jerman, AS, dan Jepang. Bangsa-bangsa ini berhasil mencapai kemajuan.

Adapun bangsa-bangsa lain yang tipis modal sosialnya (low trust society) akan sulit mencapai kemajuan, kecuali dengan otoritarianisme atau sistem administrasi dan sistem hukum yang keras. Karena itu, bangsa China yang berhasil mencapai kemajuan pesat memerlukan otoritarianisme, seperti ditunjukkan dalam peristiwa Tiananmen (hlm xii).


Menurut Mahbubani, cara berpikir Asia berbeda dengan Barat. Dalam penilaian orang Barat sendiri, cara berpikir Asia dalam mendekati masalah cenderung holistik dan kurang bergantung pada logika. Hal ini berbeda dengan kecenderungan berpikir cara Barat, yang lebih percaya pada logika dan cenderung analitis pada fokus yang berbeda-beda.
Dengan kata lain yang juga sering disebut, orang Barat lebih rasional, sedangkan Asia lebih emosional.

Tapi orang Asia modern makin cenderung mengikuti Barat, walaupun tidak mau atau tidak bisa meninggalkan kepribadiannya sehingga kecenderungannya adalah melakukan sintesis atau sinkretis. Hasilnya adalah pola pikir yang holistis.
Peradaban Asia akan mencapai tingkat perkembangan yang sama dengan peradaban Barat. Realitas mendasar yang masih baru di Asia Timur adalah keyakinan sejati dan kepercayaan diri dalam pikiran baru orang Asia bahwa saat ini mereka telah datang. Banyak pikiran orang Asia telah mencapai tingkatan-tingkatan tertinggi peradaban Barat di bidang ilmu dan pengetahuan, bisnis dan administrasi, seni dan sastra. Hampir semuanya berkembang pesat.

Pikiran Asia, setelah bangkit, tidak bisa ditidurkan lagi esoknya.
Dari hari ke hari, kekuatan-kekuatan globalisasi menyebabkan interdependensi yang semakin besar dan luas. Tindakan-tindakan yang terjadi di salah satu penjuru dunia akan terpengaruh pada penjuru dunia lainnya dalam tempo relatif singkat dan cepat.

Sebagian besar orang yang hidup di luar Amerika bisa merasakan dan memahami dampak globalisasi: Mereka merasa kehilangan otonomi setiap hari.
Sebagian besar rakyat Amerika merasakan dampak ini, atau mungkin belum merasakannya. Mereka hidup dalam negara paling kuat yang pernah disaksikan dalam sejarah umat manusia. Kekuatan yang besar dan dua samudra luas membentang membuat rakyat Amerika tidak menyadari bagaimana dunia tengah berubah. Paradoks-paradoks besar yang muncul di sini adalah: masyarakat yang paling terbuka di dunia malah kurang mendapatkan informasi tentang dampak niscaya akibat perubahan-perubahan global. Sebuah gelombang pasang saat ini tengah berlari menuju pantai-pantai Amerika (hlm 231).

Tantangan utama abad ke-21 adalah bagaimana mengatur dunia yang mengecil ini pada saat kekuatan-kekuatan globalisasi menyebabkan interdependensi (saling ketergantungan). Kebutuhan akan adanya institusi dan proses multilateral akan tumbuh beriringan. Tapi multilateralisme hanya bisa berjalan jika kekuatan-kekuatan besar saat ini, khususnya Amerika Serikat, mendukung multilateralisme.


Buku bertema sentral tentang globalisasi ini ingin mendedahkan keyakinan orang-orang Asia bahwa kebangkitan hanya bisa dicapai dengan strategi dan keyakinan akan munculnya masa gemilang. Dengan pertanyaan, bisakah orang Asia berpikir? penulis bermaksud menggosok akal orang Asia untuk tidak meratapi, mengeluh, dan menyalahkan diri sendiri.


(Kholilul Rohman Ahmad, sarjana Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Naskahj ini pernah dimuat di Harian Media Indonesia Sabtu)

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Filsafat Barat dan Kaitannya dengan Kondisi Sosio-Politik, Zaman Kuno hingga Sekarang

Seputar Pertanyaan Filosofis dalam Filsafat Barat Judul buku : Sejarah Filsafat Barat dan Kaitannya dengan Kondisi Sosio-Politik, Zaman Kuno hingga Sekarang Penulis : Bertrand Russell Penerjemah : Sigit Jatmiko, Agung Prihantoro, Imam Muttaqien, Imam Baihaqi, Muhammad Shodiq Penerbit : Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Cet , November 2002 Tebal : xxvi+1110 halaman Konsepsi-konsepsi tentang kehidupan dunia yang kita sebut 'filosofis' dihasilkan oleh dua faktor: pertama, konsep-konsep religius dan etis warisan; kedua, semacam penelitian yang bisa disebut 'ilmiah' dalam pengertian luas. Kedua faktor ini mempengaruhi sistem yang dibuat oleh para filsuf secara perseorangan dalam proporsi yang berbeda-beda, tapi kedua faktor inilah yang, sampai batas-batas tertentu, memunculkan filsafat. Menurut Bertrand Russell, filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana teologi, filsafat berisikan pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahua

Jauharul Muharram di Jawa, Melokalkan Tradisi Islam

TEGALREJO, MAGELANG-Rabu sore ( 9/1/2008 ) usai waktu ashar ketika pukul 16.00 waktu Indonesia bagian barat. Masyarakat di wilayah Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, berduyun-duyun menuju sebuah gedung berhalaman luas di Tepo, Dlimas. Kawasan Tepo tempat mereka berkumpul kurang lebih seluas 1 hektar. Mereka laki-laki dan perempuan, dari anak-anak sampai orangtua. Pakaian yang dikenakan serba putih. Baju, sarung, mukena, jilbab, surban, dan peci. Sekitar 25.000 jamaah. Ada yang datang dari daerah Temanggung, Purworejo, Semarang, dan sekitarnya. Mereka duduk di tikar yang disediakan panitia atau membawa tikar sendiri. Namun banyak jamaah yang datang belakangan tidak kebagian tikar sehingga antar jamaah berjejalan di tikar yang tidak mampu menampung seluruh jamaah secara memadahi. Mereka berkumpul dan berdoa menengadahkan kedua tangan. Doa bersama dipimpin oleh KH Muhammad Sholihun (Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hasan, Geger, Girirejo, Tegalrejo Magelang). Doa yang dipanjatkan adalah un

Antropologi Ziarah Kubur

Judul buku : Ziarah dan Wali dalam Dunia Islam Editor : Henri Chambert-Loir & Claude Guillot Penerjamah : Jean Couteau, Ari Anggari Harapan, Machasin, Andree Feillard Penerbit : Serambi Ilmu Semesta, Ecole Francaise d’Extreme-Orient, Forum Jakarta-Paris Cetakan : Pertama, April 2007 Tebal : 588 halaman Antropologi Ziarah Kubur Oleh: Kholilul Rohman Ahmad Buku ini pertama kali terbit dalam bahasa Indonesia yang secara antropologis mengkaji perkembangan tradisi ziarah kubur dan wali dalam komunitas Islam pada masa modern. Di luar polemik ziarah kubur –misalnya, ziarah dicap perilaku takhayul, bid’ah, dan syirik tapi bernilai penghormatan terhadap wali (manusia yang diunggulkan Tuhan)—buku ini memperlihatkan bahwa tradisi ziarah merupakan aspek multidimensi atas perilaku keagamaan manusia yang sangat penting di pelosok dunia. A sal-usul tradisi ziarah di dunia Islam secara detail belum terungkap, namun tidak dapat disangkal, menurut buku ini (hlm. 11), ziarah kubur meminjam tradisi